Bintang Restoran/Cafee Menjamur di Bukittinggi

    Bintang Restoran/Cafee Menjamur di Bukittinggi
    Prof. Dr. Elfindri, SE. MA (dir. SDGs Center Unand)

    Oleh : Prof. Dr. Elfindri, SE. MA (dir. SDGs Center Unand)


    Bukittinggi-Menjamurnya bisnis kuliner merupakan pertanda sebuah shifting dalam dunia konsumsi.

    Pergeseran pertama akibat pandemi yang membuat kecendrungan semakin terbiasanya masyarakat dengan kesadaran lingkungan dan kebersihan. 

    Kedua sebagai kenaikan dari munculnya kelompok baru berpenghasilan menengah dan terdidik. Mereka sebagian memiliki kebiasaan untuk berbelanja cepat dan mudah memperoleh layanan. 

    Ketiga pergeseran selera, dimana konsumsi semula memasak sendiri di rumah, kemudian beralih semakin menyukai masakan jadi yang tersedia di restoran dan cafe-cafe. Alasan waktu dan harga bisa menjadi pertimbangan.

    Keempat semakin tersedianya teknology pelayanan cepat saji, dengan bantuan IT, mudah mengantar pesanan yang juga bisa berbiaya murah.

    Baca juga: Pura-Pura Budayawan

    Kelima revolusi model restoran dari umumnya permanen alias menetap, kepada jenis pedagang asongan bergerak, tenda tenda serta mobilized.

     Tidak jarang jenis yang dijajakan berupa fast food, atau sebaliknya makanan tradisional "slowfood".

    Penataan berbintang

    Restoran dan cafe cafe baiknya di kelompokkan jenis restoran atau cafe.

    Untuk restoran berupa
    Ŕestoran Utama
    Cafee dan Minuman
    Lainnya

    Masing-masing kelompok dibuat kriteria tentang fasilitas/kebersihan/lokasi dsb.

    Kemudian dalam skala 3 tahun dilakukan assessment dan beri bintang berdasarkan nilai setiap penilaian. Bisa rasa, tampilan dan kebersihan.

    Dengan begitu mereka bersaing untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

    Saya teringat sewaktu tahun 2015 ke kota York di UK, kota tourist. Ketika berbelanja di toko 'fish and chips' saya melihat di pintu masuk tanda akreditasi berupa bintang 4.

    Saya bertanya kepada mereka yang berjualan, ternyata kriteria yang mereka harus penuhi untuk dapat bintang 4 adalah rasa, tampilan,  kebersihan, harga dan pelayanan.

    Dengan demikian waktu untuk pemerintah daerah lakukan penataan saat masing masing kota dan kabupaten ingin raup banyak wisatawan. 

    Tidak terkecuali di kota Bukittinggi, kota yang padat pendatang yang mendambakan kuliner yang enak sekali, didukung dengan fasilitas yang terkelola.

    Parkir dengan sendirinya akan terkelola, pemasukan dari Pajak Pembangunan I juga akan semakin tinggi masuk ke pemerintah daerah. Ini baru maju jadinya.(*).

    bukittinggi sumatera-barat
    Linda Sari

    Linda Sari

    Artikel Sebelumnya

    Pelatihan Tata Boga Digelar Selama 4 Hari...

    Artikel Berikutnya

    Sekretariat DPRD Kota Bukittinggi Kunker...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVny Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Eks Dirut Pertamina Luhur Budi Djatmiko Ditetapkan Tersangka, Apa Kasusnya?
    Jaga Kesehatan Tubuh, Prajurit Korem 012/TU Laksanakan Olahraga Bersama
    Menteri ATR/BPN Temui Kapolri Untuk Kerjasama Berantas Mafia Tanah Tanpa Toleransi

    Ikuti Kami